Drainase Buruk, Kabupaten Bekasi Kembali Dilanda Banjir

Drainase Buruk, Kabupaten Bekasi Kembali Dilanda Banjir

Curah hujan tinggi dan sistem drainase yang buruk kembali menyebabkan Kabupaten Bekasi dilanda banjir. Salah satunya di Perumahan Puri Nirwana Residence, Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi. --karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Curah hujan tinggi dan sistem drainase yang buruk kembali menyebabkan Kabupaten Bekasi dilanda banjir. Salah satunya di Perumahan Puri Nirwana Residence, Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi

Seorang warga Perumahan Asep (34) mengatakan, banjir di lokasi diketahui terjadi sejak Sabtu (06/07/2024) sekira pukul 13.00 WIB. Tak heran jika banjir ini menjadi langganan baginya.

"Banjir ini akibat hujan dari Sabtu siang nggak reda-reda, air mulai naik kira-kira Minggu jam 01.00 dini hari," kata Asep kepada Cikarang Ekspress pada Minggu (07/07).

Banjir yang merendam 7 blok di Perumahan itu diperkirakan dengan ketinggian air 40-60 cm. Bahkan, air tampak menggenangi seluruh ruas jalan di Perumahan tersebut.

BACA JUGA:Tersengat Listrik, 2 Warga Lampung Tewas Saat Pasang Antena TV di Purwakarta

"Ketinggian air kurang lebih sampe 30-60 cm. Seluruh jalan perumahan udah ketutup genangan air," ucap Asep.

Hingga Minggu pagi. Air masih menggenangi rumah warga dan belum surut, sehingga aktivitas warga pun tersendat. 

Warga juga khawatir akan terjadi banjir susulan, mengingat di lokasi saat ini juga masih turun rintik hujan.

"Sampe sekarang ini air masih belum surut, kita mau jualan juga libur dulu, khawatir air naik lagi ke dalem rumah soalnya sampe pagi ini masih gerimis," kata dia.

BACA JUGA:Boboiboy Galaxy Windara episode 6 END sub Indo

Sementara itu, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi ketika si konfirmasi mengklaim imbas hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bekasi tidak mengakibatkan banjir. Hanya saja sifatnya tergenang. 

"Hallo... Terimakasih telah menghubungi PUSDALOPS-PB BPBD KAB. BEKASI, Hanya genangan-genangan aja bang," singkatnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bekasi telah melakukan normalisasi di beberapa sungai. Kendati sungai yang mengalami penyempitan dan pendangkalan di perlebar ehingga setiap volume debit aliran sungai dapat berjalan lancar dan optimal.

“Ya, kita akan terus lakukan normalisasi hingga ke hulu-hulu sampai ruas sungai lainnya agar seluruh aliran dan tata kelola air di Kabupaten Bekasi bisa lebih baik lagi,” kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat meninjau langsung  kondisi Kalen Rasmi yang telah dinormalisasi oleh Pemkab Bekasi di Perumahan Puri Nirwana Residence Desa Sukaraya, Kecamatan Karangbahagia, pada Kamis (25/04).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: